Jumat, 04 Juli 2014

Latihan Soal dan Kisi-kisi Soal UAS Dasar Manajemen dan Bisnis

Pertemuan 9

1. Organisasi adalah sistem transformasi masukan dan keluaran yang bergantung pada lingkungan,merupakan konsep :
a. Sistem Politik                                  c. Kontrak sosial
 
b. Sistem Terbuka                               d. Koalisi

2. Kelompok formal dan informal dibentuk dengan alasan:
a. Pemuasan kepuasan                       c. Alasan ekonomi
 
b. Tujuan kelompok                            d. Semua benar

3. Struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan besar dan perusahaan multi produk yaitu :
a. Fungsional  
                                     c. Produk atau Pasar
b. Matriks                                            d. Staff

4. Keunggulan struktur Matriks, kecuali :
a. Membebaskan top management untuk perencanaan
 
b. Memberikan fleksibilitas kepada organisasi
 
c. Melibatkan dan menantang perorangan
 
d. Menuntut ketrampilan antar pribadi yang tinggi

5. Pola utama atas pembagian produk atau pasar diantaranya, kecuali :
a. In division by product                      c. Division by work
b. Division by geography                    d. Division by Customer

Pertemuan 10
1. Saling ketergantungan dimana suatu satuan organisasi harus melakukan pekerjaannya terlebih dahulu sebelum satuan yang lain dapat bekerja :
a. Pooled interdependence                
 c. Sequential interdependence
b. Reciprocal interdependence          d. Times interdependence

2. Mekanisme dasar untuk pencapaian koordinasi diantaranya :
a. Hirarki Manajerial                          c. Aturan & Prosedur
 
b. Rencana & Tujuan                         
 d. Semua benar

3. Semakin lebar rentang manajemen akan menghasilkan struktur organisasi yang berbentuk :
a. Flat                                                 c. Tall
b. Short                                                d. Big

4. Menurut Henri Fayol,jumlah maksimum bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi :
a. 10 – 20 orang                                  c.
 20 – 30 orang 
b. 30 – 40 orang                                  d. 5 – 10 orang

5. Pedoman yang dipakai untuk menentukan rentang manajemen adalah faktor berikut ini
kecuali :
a. Bawahan                                         c. Atasan
 
b. Kolusi                                               d. Situasi

Pertemuan 11
1. Wewenang ada karena seseorang diberi/dilimpahi/diwarisi,merupaka pandangan :
a. Teori Penerimaan                          
 c. Teori Formal
b. Teori Authority                                d. Teori Power

2. Dipecat & ditegur akan diterima karyawan bila tidak melaksanakan perintah pimpinan
 
a. Coercive Power                               c. Reward Power
b. Referent Power                               d. Expert Power

3. Wewenang di mana atasan melakukannya atas bawahannya langsung :
a. Staff Authority                                
 c. Line Authority
b. Functional Authority                       d. Management Authority


4. Proses pendelegasian yang mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan paling atas sampai tingkatan paling bawah :
a. Prinsip kesatuan perintah               c. Prinsip Akuntabilitas
 
b. Prinsip tanggung jawab                 
 d. Prinsip Skalar

5. Alasan pendelegasian diantaranya :
a. Organisasi dapat berfungsi lebih efisien
 
b. Bawahan dapat tumbuh dan berkembang
 
c. Manajer dapat berkonsentrasi pada tugas penting
 
d. Semua benar

Pertemuan 12
1. Bukan merupakan teori Proses :
a. Teori Harapan                                
 c. Teori Dua faktor 
b. Teori Keadilan                                 d. Teori Penguatan

2. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu :
a. Physiological needs                         c. Safety needs
b. Recognition needs                          d. Social needs

3. Bentuk motivasi antara lain :
a. Kinerja                                             c. Tanggung jawab
 
b. Kebajikan                                        d. Penghargaan

4.Motif sering dirumuskan sebagai, kecuali :
a. Need                                                c. Impulse
b. Reward                                           
 d. Drive


5. Individu terus menerus memperl;ihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun :
a. Frustration                                      c. Regresion
 
b. Fixation                                           d. Rationalization


Pertemuan 13
1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini, kecuali :
a. Penerima                                       
 c. Berita 
b. Pemakai                                          d. Pengirim

2. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut :
a. Decoding                                         c. Encoding
b. Transmitting                                   d. Source

3. Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunikasi :
a. Lingkaran & Rantai                                     c. Huruf Y
b. Bintang                                            d. Lingkaran

4. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM dan manajer Keuangan adalah :
a. Komunikasi Vertikal                        c. Komunikasi Diagonal
b. Komunikasi lateral                          d. Downward

5. Hambatan antar pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :
a. Status atau kedudukan komunikator
 
b. Persepsi selektif
 
c. Ketidak tepatan penggunaan bahasa
d. Semua benar

Pertemuan 14
1. Diantara beberapa fungsi manajemen yang memiliki peran yang sangat penting adalah :
a. Organizing                                      c. Actuating
b. Coordinating                                  
 & Controlling d. Planning

2. Elemen kedua pengendalian :
a. Metode sensor untuk mengukur kondisi yg dikendalikan
 
b. Kondisi & karakteristik aktivitas yg dikendalikan
 
c. Penentuan kebutuhan tindakan perbaikan
 
d. Implementasi tindakan perbaikan

3.Sistem pengendalian yang tidak memberikan peringatan suatu penyimpangan sebelum hal tersebut menjadi cukup berarti :
a. Umpan Maju                                   c. Umpan Balik
b. Pencegahan                                    d. Perencanaan

4. Pengendalian yang dirancang untuk mendeteksi penyimpangan dari standar :
a. Preaction Control                            c. Post-Action Control
b. Steering Control                             
 d. Screening Control

5. Kondisi yang tampaknya berhubungan dengan hasil akhir tetapi tidak langsung mempengaruhi hasil tersebut :
a. Input Measurement                        c. Symptoms
b. Establish Standard                          d. Changes Condition

1. Teori proses terdiri dari tiga bagian, antara lain :
a. Teori Kepuasan                               d. Teori Dua faktor
b. Teori Keadilan                                 e. Teori Kebutuhan
c. Teori Hirarki Kebutuhan

2. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu :
a. Physiological needs                        d. Safety needs
b. Recognition needs              e. Social needs
c. Actual needs

3. Bentuk motivasi antara lain :
a. Kinerja                                             d. Tanggung jawab
b. Kebajikan                                        e. Penghargaan
c. Perhatian

4. Motif sering dirumuskan sebagai :
a. Insting                                              d. Stres
b. Ambigiuos                           e. Drive
c. Push

5. Individu terus menerus memperlihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun :
a. Frustration                           d. Regresion
b. Fixation                                           e. Rationalization
c. Derpresi

1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini :
a. Sandi                                               d. Berita
b. Pemakai                                          e. Kode
c. Penghubung

2. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut :
a. Decoding                                         d. Encoding
b. Transmitting                                    e. Source
c. Converter

3. Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunikasi :
a. Lingkaran & Rantai                         d. Huruf Y
b. Bintang                                            e. Lingkaran
c. Rantai
4. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM dan manajer Keuangan adalah :
a. Komunikasi Vertikal                        d. Komunikasi Diagonal
b. Komunikasi lateral              e. Downward
c. Komunikasi bisnis

5. Hambatan antar pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :
a. Status atau kedudukan komunikator
b. Persepsi selektif
c. Ketidak tepatan penggunaan bahasa
d. Semua benar
e. Pendengaran lemah

1. Standar untuk mengukur prestasi bidang produksi, :
a. Kuantitas                                         d. Biaya
b. Jumlah                                            e. Volume Penjualan
c. Anggaran

2. Laporan Keuangan sangat penting bagi perusahaan karena merupakan tolok ukur:
a. Pengembangan perusahaan
b. Manajemen Resiko
c. MBO
d. Hutang
e. Aktiva

3. Test untuk membantu pembuatan keputusan dengan analisa laporan keuangan yaitu :
a. Test of Solvency & Equity Position
b. Test of Average
c. Test of Leverage
d. Test of Activity
e. Post Test

4. Dalam Test of Liquidity, rumus Current Ratio:
a. AL : HL                                            c. ROI - RTI
b. Kas : Utang Lancar                         d. Laba : Penjualan
c. Equity : Debt

5. Debt Equty Ratio, digunakan dalam analisis :
a. Test of Liquidity
b. Test of Profitability
c. Market Test
d. Test of Solvency & Equity Position
e. Equity Test




1. Perubahan terhadap cara-cara pengelolaan perusahaan yang mau tidak mau harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dimanapun ia berada, disebut:
a. Manajemen Kontemporer
b. Manajemen Quality Improvement
c. Manajemen primordial
d. Manajemen Evaluasi Diri
e. Manajemen By Objective

2. Pada bisnis ekonomi terjadi hubungan batas antar negara dan budaya semakin kabur (borderless nation), termasuk pengaruh:

a. Ekonomi Lateral                  d. Ekonomi Liberalisme
b. Ekonomi monopoli e. Ekonomi Oligopoli
c. Ekonomi sosialis

3. Beberapa bentuk manajemen kontemporer di bawah ini yang tepat adalah:
a. TQM & ISO 9000 dan 14000
b. Manajemen Tradisonal & Kaizen
c. ABC Concept & Alkaline
d. Manajemen primordial & modern
e. JIT & Honda

4. Sebagai komitmen budaya organisasi untuk memuaskan pelanggan melalui penggunaan sistem terpadu dari perangkat, teknik-teknik, dan pelatihan,
disebut:
a. Downsizing
b. Organisasi Jejala
c. TQM (Total Quality Management)
d. Just In Time
e. ABC concept

5. Berfungsi sebagai pelengkap dan bukan sebagai pengganti pengukuran kinerja keuangan tradisional, disebut:
a. Gerakan Ekselensi
b. Proses Rekayasa Ulang Bisnis
c. Just In Time
d. Balanced Scorecard
e. TQM (Total Quality Management)



Soal Latihan UAS Dasar Manajemen & Bisnis

1.Perencanaan adalah salah satu bagian dari elemen dasar manajemen dan       termasuk ke dalam   elemen:
            a. Sifat                                     d. Tujuan
            b. Objek                                   e. Fungsi
            c. Sasaran
 2. Proses mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin, disebut :
            a. Pemotivasian                      d. Kepemimpinan
            b. Perencanaan                       e. Pengorganisasian
            c. Pengendalian
3. Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari:
            a. Bentuk organisasi               d. Sifat & jiwanya 
            b. Kedudukannya                     e. Adanya keterkaitan
            c. Kekuasaan
4.  Peran manajer sebagai pemimpin disebut sebagai peran:
            a. Decision roles                     d. Informal roles
            b. Informational roles             e. International roles
            c. Interpersonal roles
5. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab :
            a. Perilaku                               d. Usaha Perpaduan
            b. Ilmu Manajemen                e. Teori Organisasi Klasik
            c. Manajemen Ilmiah Klasik
6.  Manajemen bukanlah suatu bakat, tetapi suatu ketrampilan sehingga manajer bukanlah     pembawaan, tetapi pelatihan dan pengalaman, menurut mazhab :
            a. Perilaku                               d. Usaha Perpaduan
            b. Ilmu Manajemen                e. Teori Organisasi Klasik
            c. Manajemen Ilmiah Klasik
7. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu :
            a. Menyangkut masa yang lalu
            b. Delegasi
            c. Tidak ada unsur waktu
            d. Pengawasan
            e. Menyangkut masa yang akan datang 
8. Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana :
            a. Operasional                        d. Tetap
            b. Strategis                  e.  Programming
            c. Sekali pakai



9. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu:
            a. Manajer Pelaksana             d. Manajemen
            b. Karyawan                            e. Supplier       
            c. Serikat Kerja
10.  Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai disebut :
            a. Keinginan                            d. Motivasi
            b. Visi                                      e.  Strategik
            c. Tujuan 
11. Jenis keputusan yang teknik penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan :
            a. Terpadu                               d. Tak terprogram
            b. Konvensional                       e. Terbuka
            c. Terprogram
12.       Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan :
            a.  Terbuka                              d. Konvensional
            b. Tertutup                               e. Terpadu
            c.  Terprogram

13. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain:
            a. Stereotip                             d. Kebutuhan
            b. Emosi                                  e. Situasional
            c. Lingkungan  
14.Ciri yang relatif mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut:
            a. Sikap                        d. Persepsi
            b. Mental                     e. Kepribadian           
            c. Belajar
15. Kemampuan pimpinan untuk mengatur bawahannya disebut :
            a. Span of  control       d. Span of  attention
            b. Span of  authority    e. Span of  supervision
            c. Span of  market
16.       Kemampuan pimpinan untuk mangawasi bawahannya disebut :
            a. Span of  control       d. Span of  attention
            b. Span of  authority    e. Span of  supervision
            c. Span of  market
17. Secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai:
            a. Organisasi               d. Perencanaan
            b. Pengawasan            e. Pengendalian
            c. Dorongan 
18.Seseorang yang memiliki keinginan berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai sasaran disebut :
            a. Penghargaan           d. Tantangan
            b. Kinerja                     e. Tanggung jawab
            c. Responsibility
19. Analisa ratio digunakan untuk membandingkan angka-angka historis perusahaan secara :
            a. Random                   d. Time series
            b. Tepat waktu            e.  Jangka panjang   
            c. Logika
20.    Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus :
            a. Debt Equity Ratio                d. Cash Ratio
            b. Earning Ratio                      e. Current Ratio
            c. Quick Ratio
 21. Kata bisnis berasal dari bahasa  :
            a. Melayu                                d. Inggris
            b. Amerika                              e. Perancis    
            c. Sansekerta
22.       Melihat pada asal katanya bisnis berarti :
            a. Manusia                              d. Karyawan
            b. Perusahaan                         e. Owner
            c. Pekerja
23. Dunia bisnis harus meningkatkan produktivitasnya, karena mereka akan menghadapi pasar luas yang makin berkembang disebut tantangan :
            a. Produktivitas                       d. Sosial
            b. Kualitas                               e. Abad 2000
            c. Pasar Global
24. Konsumen merasa tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan :
            a. Produktivitas                       d. Sosial
            b. Kualitas                               e. Abad 2000
            c. Pasar Global
25. International Standardization Organization (ISO)  berkedudukan di :
            a. Jakarta                               d. Paris
            b. New York                             e. Jenewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar