1. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
A. Membuat program
B. Membuat Algoritma
C. Membeli komputer
D. Proses
E. Mempelajari program
2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah
disebut?
a. Proses d. Prosesor
b. Program e. Step
c. Algoritma
3. Psedocoude yang digunakan pada penulisan algoritma dapat berupa?
a. Bahasa Inggris d. Bahasa Asing
b. Bahasa Puitis e. Sembarang bahasa asal terstruktur
c. Bahasa Pemrograman
4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat?
a. Sebelum pembuatan program d. Pada saat verifikasi program
b. Pada saat program dibuat e. Saat program dieksekusi
c. Sesudah pembuatan program
5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah?
a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-Hasil
e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
6. Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi
15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan Bukan kantong P
yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah?
a. 10 d. 10 dan 15
b. 15 e. Kosong
c. 10 atau 15
7. Diberikan algoritma: apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi
putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam,
maka warna jadi?
a. Merah d. Putih
b. Ungu e. Abu-abu
c. Hijau
8. Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai Q, dan nilai Q menjadi?
a. Menjadi sembarang nilai d. Menjadi 0
b. Menjadi hampa e. P Tetap
c. Q tetap
9. Apabila a=5, b=10, maka jika diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan?
a. a=0, b=5 d. a=b
b. a=10, b=5 e. a=10, b=10
c. a=10, b=0
10. Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. nilai P dan Q masing-masing adalah?
a. 15 dan 0 d. 0 dan 10
b. 0 dan 15 e. 10 dan 15
c. 15 dan 15
11. Tipe data yang hanya mengenal kondisi True atau False pada bahasa pemrograman C++,
adalah?
a. String d. Char
b. Bool e. Long int
c. Int
12. Dalam bahasa C++ terdapat suatu tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai decimal,
yaitu?
a. Float d. Char
b. Bool e. Long int
c. Int
13. Program C++ dirancang pertama kali oleh?
a. Al Khawarizmi d. Dennis Ritchie
b. Blaise Pascal e. Al Khalamizni
c. Prof. Niklaus Wirth
14. Tipe data yang digunakan untuk menampung sebuah karakter adalah?
a. String d. Bool
b. Int e. Long int
c. Char
15. Pada tipe data Boolean, berlaku operator-operator?
a. IF d. CASE
b. AND, OR, NOT e. Number
c. True, False
16. Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah?
a. Terminal d. Input
b. Preparation e. Output
c. Decision
17. Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan (looping) adalah?
a. For d. If
b. Do…While e. Else
c. While
18. Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut?
a. Branching d. Iteratif
b. Looping e. Searching
c. Rekursif
19. Diberikan penggalan algoritma : while (x>7)
x- -- ;
cout<<x;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut turut adalah?
a. 9,8,7 d. 8,7
b. 9,8 e. 8
c. 9
20. Diberikan penggalan algoritma : do
Cout<<x; x—
While (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut turut adalah?
a. 9,8,7,6 d. 8,7
b. 9,8,7 e. 7
c. 9
21. Diberikan penggalan algoritma : do
x- --; cout<<x;
while (x>7)
apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut turut adalah?
a. 9,8,7 d. 8,7
b. 9,8 e. 9
c. 8
22. Konsep menara Hanoi merupakan salah satu dari contoh proses?
a. Iteratif c. Rekursif e. Sorting
b. Transitif d. Branching
23. Suatu proses yang memanggil dirinya sendiri, disebut proses?
a. Iteratif d. Branching
b. Transitif e. Searching
c. Rekursif
24. Rekursif adalah?
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping
e. Suatu proses searching
25. Pada menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya
adalah?
(2 pangkat n)-1
26. Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 6 buah,
maka diperlukan pemindahan sebanyak?
a. 19 kali d. 32 kali
b. 63 kali e. 33 kali
c. 31 kali
27. Logika pertama kali diperkenalkan oleh?
a. Aristoteles
b. Abu Ja’far
c. Muhammad Ibnu Musa
d. Al Khawarizmi
28. Kriteria pemilihan algoritma adalah?
a. Ada output, Efektifitas dan Efesiensi, Jumlah langkahnya berhingga, berakhir dan terstruktur
b. Ada output, efektif dan efisien, jumlah langkahnya tak berhingga, berakhir dan terstruktur
c. salah semua
d. benar semua
29. Terdapat dua fase uji algoritma yaitu?
a. Fase debugging dan profiling c. Fase debugging dan profil
b. Fase debugging dan compile d. Fase compile dan profiling
30. Fase profiling adalah?
a. Fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan
b. Fase yang akan bekerja jika program tsb sudah benar (telah melewati fase debugging)
c. salah semua
d. benar semua
31. Waktu tempuh (running time) dari suatu algoritma dipengaruhi oleh?
a. Banyaknya langkah dan jenis operasi
b. Besar dan jenis input data
c. Komputer dan kompilator
d. Benar semua
32. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah
disebut?
a. Proses d. Program
b. Algoritma e. Prosessor
33. Tipe data string adalah tipe data majemuk yang terbentuk dari kumpulan character
maksimal sebanyak?
a. 255 d. 266
b. 265 e. 256
34.==, <=, >=, != termasuk dalam operator?
a. Aritmatika c. Relasi
b. Unary d. Bitwise
35. STRCPY digunakan untuk?
a. Menyalin nilai string
b. Menggabungkan dua atau lebih nilai string
c. Untuk membandingkan dua nilai string atau lebih
d. Mengetahui panjang dari string
36. Untuk mengetahui panjang dari string digunakan perintah?
a. STRCPY c. STRLEN
b. STRCAT d. STRCMP
37. Penulisan untuk mendeklarasikan variabel A dengan tipe data integer adalah?
a. A int; c. A integer
b. Int A; d. integer A;
38. Penulisan penamaan variabel yang benar adalah?
a. nama mahasiswa c. nm mahasiswa
b. semester2 d. 2semester
39. Pada tipe data bool, berlaku operator-operator?
a. IF c. True, false
b. AND, OR, NOT d. CASE
40. Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang menggunakan bahasa awam disebut?
a. Algoritma c. Flowchart
b. Psedocoude d. Program
41. Flowchart terdiri dari tiga struktur, kecuali?
a. sederhana c. Branching
b. Looping d. Rekursif
42. Struktur pernyataan yang berupa kondisi adalah?
a. For c. While
b. Do e. IF
43. Bentuk umum statement for adalah?
a. for (nilai awal; kondisi; pengubah nilai)
b. for (kondisi; nilai awal; pengubah nilai)
c. for (pengubah nilai; nilai awal; kondisi)
d. for (nilai awal; pengubah nilai; kondisi)
44. Kumpulan elemen-elemen yang terurut dan memiliki tipe data yang sama disebut?
a. Rekursif c. Record
b. Array d. File
45. int nilai [6];
Variabel nilai dalam statement diatas merupakan?
a. Tipe data c. Nama array
b. Jumlah baris d. Jenis array
46. Sebuah matriks dideklarasikan sbb:
Int nilai [3] [4] ;
Jumlah elemen dari matriks tersebut adalah?
a. 7 c. 4
b. 3 d. 12
47. Pada array 2 dimensi dengan ordo 4x4, Jika I <= J maka A[I,J]=I , Jika I>J maka A[I,J]=J.
dari pernyataan diatas nilai dari A[3,2] adalah?
a. 1 c. 2
b. 3 d. 4
48. Int nilai [3] [4]. Jumlah baris pada array nilai adalah?
a. 3 c. 12
b. 4 d. 10
49. Pada soal no 48 untuk mengakses array nilai maka digunakan?
a. nilai [3] c. Nilai [4]
b. nilai [1][2] d. Nilai [4][3]
50. Dibawah ini merupakan hal-hal yang harus dikemukakan dalam mendeklarasikan suatu
bentuk array, kecuali?
a. Tipe array c. Tipe data
b. Ukuran array d. Nama Array
51. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma sort adalah?
a. Jumlah operasi perbandingan dan jumlah operasi pemindahan data
b. Jumlah operasi pembagian dan jumlah operasi pemindahan data
c. Jumlah operasi perhitungan
d. Jumlah operator
52. Teknik devide and conguer digunakan dalam memecahkan masalah antara lain?
a. Array c. Max&min
b. Matrik d. Sorting & searching
53. Membagi n input menjadi k subset input yang berbeda ( 1 < k < n ). Dari k subset yang
berbeda akan terdapat k subproblem dan setiap subproblem mempunyai solusinya masingmasing.
Hal ini merupakan prinsip dasar dari?
a. D dan C c. Searching
b. Sorting d. Rekursif
54. Usaha untuk mengurutkan kumpulan-kumpulan data dalam suatu array disebut?
a. Searching c. Sorting
b. Divide d. Concuer
55. Teknik pengurutan dengan cara pemilihan elemen data terkecil untuk kemudian
dibandingkan dan ditukarkan dengan elemen pada data awal. Adalah teknik pengurutan dengan
metode?
a. Insertion c. Buble sort
b. Merge sort d. Selection sort
56. Teknik sort yang bekerja dengan prinsip gelembung yang bergerak naik keatas secara satu
persatu. Adalah teknik sort dengan metode?
a. Insertion c. Buble sort
b. Merge sort d. Selection sort
57. Jika terdapat data 14, 11, 8, 5, 10 maka langkah kedua pengurutan dengan metode
selection adalah?
a. 5, 11, 8, 14, 10 c. 5, 11, 8, 10, 14
b. 5, 8, 11, 14, 10 d. 11, 14, 8, 5, 10
58. Berikut ini adalah metode yang digunakan pada teknik sorting, kecuali?
a. Bubble c. Heap
b. Fibonacci d. Insertion
59. Teknik dalam memilih dan menyeleksi sebuah elemen dari beberapa elemen yg ada disbut?
a. Searching c. Sorting
b. Divide d. Conquer
60. Algoritma pencarian elemen maximal dan minimal dengan linier/sequential search disebut?
a. Strait Max min c. Binary search
b. D And C d. Knapsack
61. Pencarian data dengan meneliti data satu persatu dari posisi awal dikenal dengan istilah?
a. Binary searching c. Random Searching
b. Sequential searching d. Binary searching
62. Bila terdapat deret data atau angka sebanyak 950 buah dan kita akan melakukan pencarian
data pada deret tersebut dengan teknik linier search, maka akan membutuhkan waktu
maksimal?
a. 400 kali c. 95 kali
b. 470 kali d. 950 kali
63. Teknik pencarian MAXMIN bertujuan untuk?
a. Mencari nilai MAX c. Mencari nilai MIN
b. Mencari nilai MAX dan MIN d. Mengurutkan nilai
64. Teknik yang digunakan untuk mencari suatu data pada himpunan data yang tersusun
secara urut dengan cara membagi urutan himpunan menjadi 2 bagian adalah?
a. Sequential Search c. Fibonacci search
b. Binary Search d. D dan C Search
65. Metode greedy dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dibawah ini, kecuali?
a. Knapsack problem c. Faktorial
b. Shortest Path problem d. Minimum Spanning tree
66. Permasalahan bagaimana mengoptimalisasi storage/memory dalam komputer agar data
yang disimpan dapat termuat dengan optimal, merupakan bentuk permasalahan dari?
a. Knapsack Problem c. Minimum Spanning Tree
b. Shortest Path Problem d. Optimal on Tape storage problem
67. Misal terdapat 3 buah program (n=5) yang masing-masing mempunyai panjang program (I1,
I2, I3, I4, I5)=(I5, 8, 10, 22, 9). Tentukan urutan penyimpanannya?
a. I4, I1, I3, I5, I2 c. I2, I4, I3, I1, I5
b. I2, I5, I3, I1, I4 d. I4, I1, I2, I5, I1
68. Penyelesaian knapsack dengan kriteria greedy adalah dengan konsep dibawah ini, kecuali?
a. Pilih obyek dengan nilai Pi maximal
b. Pilih obyek dengan berat Wi minimal
c. Pilih obyek dengan Pi/Wi maximal
d. Pilih obyek dengan berat Wi maximal
69. Dalam kasus menentukan obyek yang akan dimuat dalam suatu kantong, masing-masing
obyek dari n obyek tersebut harus mempunyai?
a. Berat dan Profit c. Profit dan Panjang
b. Berat dan Panjang d. Panjang dan Lebar
70. Untuk menyelesaikan masalah dengan metode greedy, terdapat dua kriteria yaitu?
a. Tujuan Utama c. Nilai pembatas/constrain
b. A dan C benar d. Mengurutkan data
71. Solusi yang memenuhi semua kendala disebut?
a. Solusi layak c. Fungsi tujuan
b. Solusi optimal d. Fungsi pembatas
72. Menghitung jarak satu persatu sesuai dengan arah dari graph yang ditunjuk oleh tiap-tiap
ruas/edge dan dilakukan terhadap ruas dari graph yang memiliki jalur awal dan jalur akhir
adalah proses untuk mendapatkan solusi optimal dari permasalahan?
a. Knapsack c. Knapsack problem
b. Shortest Path problem d. Minimum Spanning Tree
73. Short Path Problem digunakan untuk mencari jalur?
a. Terlama c. Terpanjang
b. Terpendek d. Terdepan
74. Penyelesaian kasus knapsack problem, yang paling optimal, efektif dan efisien adalah
dengan cara?
a. Matematika c. Kriteria Greedy
b. Algoritma pemrograman Greedy d. Salah semua
75. Graph yang nantinya dihasilkan dalam masalah TRAVELLING SALESMAN adalah?
a. Graph terbuka c. Graph semi tertutup
b. Graph sederhana d. Graph tertutup
76. Fungsi utama/tujuan dari masalah knapsack adalah?
a. Maksimum ΣPiXi c. Minimum ΣPiXi
b. Maksimum ΣPiWi d. Minimum Σ PiWi
77. Traveling salesman adalah permasalahan untuk menyelesaikan?
a. Waktu perjalanan seorang salesman seminimal mungkin
b. Waktu perjalanan seorang salesman semaksimal mungkin
c. Waktu perjalanan seorang salesman selama mungkin
d. a dan b benar
78. Arti dari simpul yang tidak dihubungkan dengan suatu ras apapun, dalam menentukan pola
lalu lintas dengan jumlah fase minimal adalah?
a. Simpul tersebut selalu berlaku lampu merah
b. Simpul tersebut selalu berlaku lampu merah/hijau
c. Simpul tersebut selalu berlaku lampu kuning
d. Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau
79. Dalam masalah pewarnaan, banyaknya warna yang dipergunakan sebaiknya?
a. Seminimal mungkin c. Semaksimal mungkin
b. Seoptimal mungkin d. Tidak ditentukan
80. Dalam masalah pewarnaan, warna yang sama akan diberikan bila?
a. Simpul tidak berdampingan c. Simpul tidak terhubung oleh ruas
b. Simpul berdampingan d. Simpul terhubung oleh ruas
81. Untuk menentukan pola lalu lintas dengan jumlah fase minimal, merupakan contoh kasus
dari problem?
a. Minimum spanning tree c. Colloring
b. Sort path problem d. Travelling salesman
82. Statement switch case digunakan untuk?
a. Utk menangani pengambilan keputusan yg melibatkan sejumlah / banyak alternative
b. Untuk menangani pengambilan 2 keputusan
c. Untuk menangani perulangan
d. Untuk menangani perulangan dalam perulangan
83. Statement for negative digunakan untuk?
a. Mencetak dari nilai terbesar ke nilai terkecil
b. Mencetak nilai terkecil ke nilai terbesar
c. Mencetak nilai terkecil ke nilai terkecil
d. Mencetak nilai terbesar ke nilai terbesar
84. Program C++ dirancang pertama kali oleh?
a. Al Khawarizmi c. Blaise Pascal
b. Prof. Niklaus Wirth d. Dennis Ritchie
85. Pada menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya
adalah?
a. 2n + 1 c. 2n x 1
b. 2n / 1 d. 2n – 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar